Tuesday, September 27, 2011

Pengalaman & Tips Mendapat Beasiswa S1 di NTU Singapura



Updated 9 April 2013
Post ini saya dedikasikan untuk teman- teman SMA yang berusaha mencari dan meng'google' mengenai admission dan beasiswa di Nanyang Technological University Singapore.
Saya akan sharing pengalaman dan tips yang hopefully berguna buat kalian. Maaf jika saya menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia, karena saya sebenarnya ingin membuat post ini mudah dimengerti, namun kosakata bahasa Indonesia saya memang kurang lengkap. And please, if you are interested to study abroad, you really have to learn English.

Sedikit introduction, Nanyang Technological University adalah satu dari 3 universitas negeri yang dimiliki Singapura, dengan dua lainnya adalah National University of Singapore (NUS) dan Singapore Management University (SMU). Di Singapura juga terdapat banyak sekali universitas swasta lainnya, seperti La Salle, Curtin, SIM, MDIS, James Cook, PSB Academy, etc. Menurut saya pribadi, being enrolled in public university is much better, karena selain lebih diakui dari sisi akademik, kita mempunyai kesempatan untuk bekerja part-time di luar selama bersekolah. Employer disini banyak yang mencari pekerja paruh waktu, baik di industri F&B, hospitality, tourism, packers, SPG event, hingga guru les privat. Biasanya mereka mensyaratkan applicant yang berkewarganegaraan Singapura, Permanent Resident di Singapura, atau student yang bersekolah di sekolah negeri Singapura. Gaji rata-rata lulusan juga umumnya lebih tinggi dibandingkan universitas swasta.

Posisi NTU di QS World ranking saat ini adalah 58. Dibandingkan dengan NUS di posisi 28 bersebelahan dengan University of Manchester, jelas NTU lebih mudah dari sisi admission maupun beban akademiknya. Namun, jika kita bandingkan dengan universitas negeri di negara kita, seperti Universitas Indonesia, ITB dan Universitas Gajah Mada yang tidak dapat saya temukan dalam 200 besar, jelaslah NTU lebih unggul.
Memang soal kualitas pendidikan saya tidak bisa bicara banyak, banyak sekali lulusan universitas di Indonesia yang sukses dan hebat. Karena perlu saya tekankan pada teman- teman, formal education will make you a living, but only self-education will make you a fortune. Apa artinya? Artinya, jika kita ingin mencapai sukses yang kita impikan, pendidikan formal bukanlah satu-satunya kunci, melainkan juga adalah banyak belajar berbagai hal dari berbagai sumber dan pengalaman.

Oke, kita kembali ke keunggulan kuliah di NTU , khususnya Singapura. Pertama, ranking yang diakui dunia, dimana hal ini merupakan bahan consideration tim admission atau scholarship ketika kita hendak melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Kedua, lokasi, dimana Singapura terletak sangat dekat dengan Indonesia. Hanya 1,5 jam perjalanan dari Jakarta; frekuensi penerbangan yang sangat sering, sehingga harga tiketnya pun terjangkau. Saya pribadi bolak-balik Jakarta-Singapura lebih dari 4 kali setahun, biaya per flight tidak pernah lebih dari 1 juta rupiah. Ketiga, mempertimbangkan Cost Benefit Analysis, kuliah di Singapura relatif lebih murah dibandingkan kuliah di Australia, Eropa, maupun Amerika. Saya mengambil angka pada umumnya, dimana siswa membayar full tuition fee dan hidup sewajarnya, berdasarkan info dari teman-teman yang kuliah di ketiga benua tersebut, Australia (Sydney): 35 juta rupiah per bulan, Eropa (Belanda): 20 juta rupiah per bulan, Amerika (San Fransisco): 60 juta rupiah per bulan.

Sedangkan untuk kuliah di NTU Singapura, biaya per bulan sekitar 25 juta rupiah jika membayar full, tapi kebanyakan siswa disini mengambil skema "tuition grant" sehingga orangtua cukup merogoh kocek sekitar 10 juta per bulan. Tuition grant adalah skema pemerintah yang mensubsidi 70% dari biaya sekolah, sebagai gantinya, siswa diwajibkan ikatan kerja selama 3 tahun di Singapura. Biaya yang relatif murah ini tidak berarti kualitas dan pengalaman yang ditawarkan lebih buruk dibanding benua lain. Singapura adalah negara yang sangat multikultural, di NTU sendiri, kita bisa berteman dan mengenal banyak sekali orang dari negara dan kultur yang berbeda. Mulai dari China yang jumlahnya mendominasi, Vietnam, India, Malaysia, Thailand, Korea, Jepang, Amerika, Kanada, Swedia, Belanda, Jerman, Swiss, Inggris, Perancis, Mexico hingga Afrika Selatan. Situasi yang sangat kondusif untuk belajar langsung beradaptasi dan bergaul dengan global citizens. Keempat, penggunaan bahasa Inggris dan Mandarin sehari-hari. Saya sendiri mau tidak mau jadi belajar dan akhirnya bisa mengerti bahasa Mandarin. Untuk semakin melengkapi, saya pun belajar bahasa Jerman dan Prancis, dan untungnya, disini pun bisa langsung kita praktekkan ke native speaker, seperti teman atau profesor kita.

Pendaftaran masuk NTU umunya dibuka sekitar bulan Oktober, dimana teman-teman harus mengirimkan aplikasi berupa form dan fotokopi raport yang dilegalisir. Pendaftarannya online melalui internet, bisa dilihat disini . Untuk tahun ini, aplikasi dapat dikirimkan mulai 1 Oktober 2013 sampai 15 Desember 2013. Link aplikasi adalah sebagai berikut: http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateIntnlAdmissions/Pages/SMAUAN_apply.aspx. Teman- teman bisa menempatkan 5 pilihan jurusan yang ingin diambil, setahu saya murid Indonesia tidak ada yang masuk jurusan Chinese Medicine dan Maritime Studies, sedangkan untuk jurusan Bisnis dan Chemical Biomedical Engineering cenderung sedikit karena kriterianya sulit. Hasil seleksi raport akan menentukan apa teman-teman bisa mengikuti ujian seleksi masuk. Dari yang saya tahu, raport dengan rata-rata nilai 8 keatas hampir pasti mendapat kesempatan. Untuk menambah kemungkinan lolos seleksi berkas, boleh diikutsertakan sertifikat kompetisi yang pernah diikuti selama SMP & SMA. Surat bukti OSIS atau kegiatan siswa lainnya juga boleh dilampirkan. Ohya, UAN tidak perlu dilampirkan dulu, secara teman-teman masih kelas XII semester 1, rapor kelas X dan XII sudah cukup jadi bukti kemampuan akademis.

Ujian seleksi masuk akan diadakan sekitar Februari di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Medan, Surabaya, dan Jogjakarta. Bahkan di Jakarta, karena banyaknya peserta, NTU mengadakan ujian di 2 tempat, yaitu SMAK 1 Penabur dan SMA Kanisius. Tidak perlu ke Singapura untuk ikut tes masuknya. Dalam ujian ini,mata pelajaran yang diujikan tergantung dari pilihan jurusan kalian; untuk Engineering & Sciences: A-Level Math, English, A-Level Physics/Chemistry (tergantung jurusannya, eg. Chemical Engineering boleh memilih salah satu, namun Electrical Engineering wajib mengambil fisika), untuk Bisnis: O-Level Math, English, untuk Art, Design, Media: English, portfolio berupa 10 gambar karya pribadi. Info lengkap dapat dilihat disini http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateIntnlAdmissions/Pages/EntranceExaminations.aspx

Untuk preparation ujian masuk, banyak siswa mengambil kursus A-Level Math, karena jujur saja, lebih sulit dan berbeda dari kurikulum yang diajarkan di Indonesia. Saya dan teman-teman dari Jakarta dulu mengambil les di St. Ignatius. Pengajarnya berpengalaman dan soal try-out yang diberikan sulit-sulit, sehingga kita jadi terbiasa dan merasa soal ujian masuk jadi mudah. St. Ignatius memiliki 2 cabang di Greenville dan Kelapa Gading, ada juga cabangnya di Palembang dan Bandung. Walaupun banyak juga teman- teman yang masuk NTU tanpa belajar A-Level secara khusus, menurut saya akan jauh lebih baik jika kalian ikut kursus; karena tujuan saya dulu bukan cuma diterima, tapi masuk dengan gratis, sehingga saya perlu menginvestasikan extra di awal. Kira-kira Agustus awal, teman-teman sebaiknya mulai belajar dan berlatih supaya mendapat nilai bagus di ujian masuk, terutama untuk subjek matematika. Nah, untuk apa mendapat nilai sebagus mungkin?

Beberapa lama setelah tes masuk, kalian akan menerima surat penerimaan atau penolakan. Sifatnya final alias tidak bisa diganggu gugat. Surat penerimaan dibagi menjadi 3 macam yaitu penerimaan dengan biaya studi full (sekitar SGD 30,000 per tahun), penerimaan dengan tuition grant (sekitar SGD 10,000 per tahun, ikatan kerja 3 tahun), dan penerimaan dengan interview beasiswa (dimana siswa berkesempatan mendapatkan beasiswa full, jika gagal, maka dapat masuk dengan skema tuition grant). Email yang kalian terima harus dibalas dalam jangka waktu yang ditentukan, karena jika tidak, kalian dianggap menolak dan posisinya akan diberikan untuk orang lain. Ohya, jika kalian diterima dengan tuition grant tapi masih keberatan secara finansial, ada skema Tuition Fee Loan dimana biaya sekolah bisa dibayarkan dahulu dan kita bisa membayar kembali setelah lulus, dengan bunga yang rendah. Untuk jelasnya bisa dilihat disini http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateAdmissions/FinancialAssistance/Pages/TuitionFeeLoan.aspx

Jika kalian mendapat nilai bagus untuk tes masuk, kalian akan dipanggil untuk interview beasiswa. Pada 2 tahun yang lalu, interview dilaksanakan di Kedutaan Singapura, dekat Ritz Carlton. Interviewer nya antara lain Dean of Admissions, Dean of Scholarship & Financial Aid, Dean of School of Sciences (jurusan pilihan saya), dan satu lagi saya tidak ingat. Supaya sukses dalam interview, berikan impresi yang baik pada interviewer, caranya antara lain: berdoa, berpakaian yang rapi dan formal (blazer dan pantofel termasuk, tunjukkan keseriusan dan profesionalitas walaupun kalian masih SMA), persiapan yang baik sehingga kita bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan tanpa berpikir lama atu bergumam karena bahasa inggris yang kurang lancar, banyak tersenyum, jangan tegang dan be yourself!

Pertanyaan yang diajukan pada umumnya mirip, yang saya rasa teman-teman bisa tebak, seperti "Why do you apply to NTU? Do you apply to any other university?", "Why do you choose this major?", "Who is your personal hero and why?", "What are your experiences regarding leadership or organization?", "What are your strengths and weaknesses?", " How do you handle conflicts?", "Have you ever live in foreign country? If not, how do you think you will do that?", "What are your plans after graduation from university?" -> Kalian bisa lihat bahwa mereka mau orang yang visioner dan punya tujuan hidup, apapun bentuknya, dan " What scholarship do you want and why do you think we should give you the scholarship?". These are some questions I tackled, there may be different ones, you should prepare to answer more. Untuk interview beasiswa, pastikan interviewer mengerti poin apa saja yang ingin kalian sampaikan. Tampilkan kesan bahwa kalian membutuhkan beasiswa tersebut, tapi dengan didukung oleh pribadi kalian yang hebat dan bercita-cita tinggi sehingga mereka ingin menginvestasikan uangnya untuk biaya sekolah kalian.

Setelah interview selesai, mereka akan bertanya apa kita punya pertanyaan. Jika tidak, we can be dismissed. Jangan lupa mengucapkan terima kasih dan tersenyum. Dan akhirnya, setelah menunggu beberapa hari, kita akan menerima email hasil dari interview tersebut, dan admission package akan dikirimkan ke rumah kita. Isinya berupa surat penerimaan, buku panduan, dan beberapa lembar brosur aktivitas yang disediakan untuk mahasiswa baru sesampainya kita di Singapura. Dibaca baik-baik dan catat tanggal- tanggal penting, supaya kalian tidak miss deadline.

Wah, kalau sudah sampai tahap ini, kalian akan mengalami babak baru dari hidup kalian. Banyak senior dari Pelajar Indonesia NTU (PINTU) yang akan menyambut dan membimbing disini. Banyak hal baru yang akan memungkinkan kalian bertumbuh jadi orang yang lebih hebat dan dewasa. See you in NTU!

55 comments:

  1. Hmm, Kezia, aku waktu itu siapin naskah pidato sebelum wawancara beasiswa :P

    ReplyDelete
  2. Wuah, aku research aja sih buat pertanyaan2 yang kira2 bakal diajukan itu. Boleh juga sarannya Jef, thanks :)

    ReplyDelete
  3. untuk tahun ini udah telat yah mbak application periode? :D

    ReplyDelete
  4. belom matcheepz! sampe 15dec, please check here: http://admissions.ntu.edu.sg/undergraduateintnladmissions/pages/internationalothers.aspx

    Goodluck and see you disini yaa

    ReplyDelete
  5. bisa matcheepz :) maaf balesnya lama, habis musim ujian. ayo cepet apply yah, 11 februari ujian masuknya. kamu sekarang kelas berapa?

    ReplyDelete
  6. wah mbak, tapi formulirnya adanya cuma jurusan IPA, IPS, Bahasa :-?

    untuk SMK dimana nya?

    ReplyDelete
  7. ohya? aduh, kamu SMK nya tentang apa? mau ambil jurusan apa di NTU? maaf saya balas agak lama. boleh email ke keziagusmawan@gmail.com, langsung sy balas

    ReplyDelete
  8. aku mau tanya. sekarang aku mau naik kls 3 sma, apply beasiswanya itu tahun ini berarti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi fitrin, iya apply beasiswa itu sekalian apply masuk NTU nya. kira2 buka november ini, jangan lupa apply yah :) kalau pass tes masuknya, bakal otomatis diconsider buat beasiswa, good luck!

      Delete
  9. 1. Boleh minta email nya ga mbak? Soalnya saya bakalan nanya banyak hal..
    2. Jadi kalo nilai rata2 rapor minimal 80 kemungkinan udah bisa ikut tes ya? Itu rata2 80 untuk semua nilai ato mipa +indo+inggris? Nilai rapor dari semester berapa?
    3. Kalo jurusan programming gitu apa ya namanya mbak? Terus ikut tes apa nanti mbak?
    4. Kalo boleh tau banyak anak indo yang diterima di ntu berapa orang ya?
    5. Kalo kita punya karya, kayak buat program gitu terus udah pernah menang kontes di forum programmer internasional + masuk osp, itu jadi bahan pertimbangan ga? Kalo iya step nya gimana untuk ngumpulin berkasnya?

    Mhon dibales mbak, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Firza, emailku keziagusmawan (At) gmail.com
      2. Ya, depend dari sma mana juga, kalau SMA unggulan mungkin 78 bisa lolos, kalau bukan unggulan mungkin 85 baru lolos.. Mipa+indo+inggris.. Nilai rapor kelas 2 semester 1 dan 2 kalau ga salah inget, mungkin bakal diminta kelas 1 juga.
      3. Computer science nama jurusannya. Tesnya mat n inggris, fisika mungkin.. Coba cek http://admissions.ntu.edu.sg/UndergraduateIntnlAdmissions/Pages/EntranceExaminations.aspx
      4. Tiap tahun yg dr sma indo rata2 90 orang, tapi makin lama makin dikit entah kenapa
      5. Iya donk, itu accomplishment yg bagus banget. Nanti pas seleksi awal, km kirim berkas rapor dan sertifikat2 itu, kl bisa sama surat rekomendasi dr guru/kepala sekolah

      Good luck ya

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. kalau dapat tuition grant kan cuma disubsidi 70%, itu kita msh bisa gak pinjam ke bank singapore untuk nutupin 30 % biaya yg kita tanggung? yg loan pemerintah ya kalau gak salah :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa, loan ke bank sih biasanya, either OCBC atau UOB Bank :)

      Delete
  12. Mbak check email dong, aku mau tanya sesuatu nih mbak:)
    matur nuwun

    ReplyDelete
  13. Ci,saya 1st choiceny business, tpi 2nd-5th nya science related jadi kmrn ambil paper math A,english,physics. Kalo buat business, yg physics diliat ga ya? Trus lebih penting mat,ing,ato fis? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Physicsnya ga dilihat buat business. Paling penting math, kl buat business kedua penting inggris, tp kl buat science kedua pentingnya fisika. Gimana resultnya? Nanti kabar2in ya.

      Delete
  14. ce kezia, aku jennifer, sdh kirim inbox ke e-mailnya cc. kalau mau daftar itu pertama kali harus akses kemana dan menyertakan apa? apa harus beli form? aku mau ambil yang beasiswa ce.

    ReplyDelete
  15. terimakasih infonya mbak :)

    ReplyDelete
  16. kalau batasan umur ada ga kak?

    ReplyDelete
  17. Selamat Pagi,Saya Agung mahasiswa D3 Politeknik Swasta di Jkarta.Sya mau tanya, ada nggak program D3 lanjut ke S1 Di NTU?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Agung, bisa saja, apply nya sama seperti lulusan SMA biasa, perlu sertain rapor dll utk seleksi berkas, kemudian ikut tes masuk. Program s1 nya tetap 4 tahun, tidak ada bedanya dg lulusan SMA.

      Delete
    2. Mba, klo sama 4 tahun itu apa kita plajari semua dr awal lagi ?
      Mba minta info untuk biayanya donk klo bisa skalian biaya hidup juga, soalnya klo diterima kerja rencana mo lanjut disana sj.

      Thank`s (ajar.waqrkop@gmail.com)

      Delete
  18. wah. makasih banyak ya kak. ini bener-bener membantu. kebetulan saya juga ada rencana. makasih ya kak! :)

    ReplyDelete
  19. hei ka Kezia, aku butuh bantuan kaka nih, aku udah kirim e-mail. periksa ya ka.
    makasih ka :)

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. halo kak :) aku mau nanya apa persyaratan dapetin beasiswa di NTU sama untuk dua universitas negri lainnya?

    ReplyDelete
  22. Thanks yah mba untuk infonya :), saya mau coba :D

    ReplyDelete
  23. mbak,
    -kalo untuk daftar s2 (master) itu sistemnya beda atau gimana?
    -denger-denger, ga bisa pakai loan ya untuk master?
    -terus saya bisa daftar master itu setelah lulus s1 atau bisa saat masih mengerjakan skripsi (belum lulus s1)?

    ReplyDelete
  24. kak aq uda kirim ke inbox, mohon bimbingannya

    ReplyDelete
  25. permisi mbak.
    kalau untuk Alumni 2012 daftar untuk S1 bisa tidak?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  26. mautanya ba .kalo orang yg paspasan si bisa ga kesana

    ReplyDelete
  27. Makasiii buat sharingnya, Kakak. Sharingnya sangat memerkati. Bila saya bertanya lewat email boleh apa tidak, Kak? Semoga 2 tahun lagi kita bisa bertemu di NTU

    ReplyDelete
  28. Pertama-tama saya berterimakasih krna udah mau sharing..
    mau tanya kak,, saya alumni SMA tahun lalu, apa masih bisa ikut ?? dan untuk jurusan bio engineering lebih dinilai dari pelajaran apa kak..?

    ReplyDelete
  29. Kk tlg bca emailny yah. thanks kk :)

    ReplyDelete
  30. ka aku udah kirim email. Ko sampe skrng blm di bales ya???

    ReplyDelete
  31. ce, aku udah kirim email ke emailnya cece.
    tolong di balas ya ce? saya tunggu...
    saya sudah bertekad dan minat ke situ, makasih ce... :)

    ReplyDelete
  32. info yang sangat berguna~ semoga kesampaian

    ReplyDelete
  33. Nice and complete info..

    Ijin copy untuk saya masukkan di blog saya, tentu saja dengan mencantumkan alamat blog ini

    Thanks

    ReplyDelete
  34. wah berarti sudah telat ya ce klo buat yg taun ini? baru ketemu blog ini. yaa:(

    ReplyDelete
  35. halo kak saya sudah kirim email dari amalberuang[at]gmail[dot]com , mohon bantuannya :D

    ReplyDelete
  36. kalau untuk sekarang, di singapura beasiswa apa saja yang masih ada kak ?

    ReplyDelete
  37. eh di NTU ada ga lintas jalur.. misal dr D3 ke S1 disana...??
    thanks

    ReplyDelete
  38. Silahkan buka godspearshapedgirl.blogspot.com , another experience in NTU UEE
    Thanks ;)

    ReplyDelete
  39. halo kak :) aku kelas 10 naik kelas 11 skrg, rencananya aku mau ambil desain terus apply tuition grant {semoga sih dpt schoolarship jg) kira2 tips apa aja yg boleh aku tau buat kuliah di sana? thx

    ReplyDelete
  40. Dear Kezia,

    Putri saya sekarang barusan naik kelas XI dan akan berencana ambil les di St Igantius untuk AO level course (seperti saran Kezia yg juga ikut Igna di Jakarta). Namun pihak Igna bilang akan melihat format rapot anak saya karena formatnya tidak sama dengan rapot sekolah SMA umum lainnya. Sekolah anak saya mengadopsi Kurikullum 2013.
    Kursus dimulai Bulan Agustus 2014.
    Jika berkenan, akan saya scan dan email format rapot anak saya tersebut.

    Thank you Kezia

    ReplyDelete
  41. hi.. nama saya Stephanie. kalau misalnya stelah saya tamat SMA, nganggur 1 tahun untuk persiapan kuliah ke NTU apakah bisa? soalnya saya gak gitu yakin saya bisa lolos tes nya dalam bahasa inggris.. mate nya susah

    ReplyDelete
  42. Hai kak, nama ku titin. Aku lulusan tahun ini. Aku niatnya berhenti, ikut bimbel dulu baru daftar NTU. Terus aku juga dari jatim kak, andaikan aku ikut bimbelnya d GO gimana kak ?

    ReplyDelete
  43. hai kak, nama saya ali, saya mau nanya apakah di NTU mahasiswa s1 yang ingin daftar ada ketentuan batas umur tidak? soalnya saya punya rencana ingin kuliah s1 lagi di NTU setelah lulus s1 di sini. thank you

    ReplyDelete
  44. Di NTU ada lintas jalur apa ngga? Trimakasih

    ReplyDelete
  45. Kak, saya SMK jurusan multimedia (dkv), mau ambil art, media, and design. Bisa mendaftar?

    ReplyDelete