Thursday, August 5, 2010

Pengalaman Wisata Medis ke Penang


Baru- baru ini saya beserta orangtua pergi ke Penang, Malaysia dengan tujuan berobat. Ini merupakan pengalaman yang menakjubkan bagi saya, karena pulau mini ini ternyata jauh lebih baik dan professional dibandingkan dengan Jakarta, dari berbagai sisi. Akan saya ceritakan disini.

Pulau Pinang atau yang biasa disebut Penang adalah salah satu pulau di Malaysia dengan ibukotanya adalah George Town.
Kami berangkat menuju Penang dengan pesawat murah AirAsia dari Jakarta. Jadwal penerbangan AirAsia dari Soekarno Hatta yaitu pukul 6 pagi sedangkan dari “Bayan Lepas” Penang pukul 12.15 siang waktu setempat, penerbangan kira-kira 2 jam 20 menit. Sekedar info, perbedaan waktu antara Jakarta dan Penang adalah satu jam. Misalnya jam 7 di Jakarta maka di Penang jam 8.

Transportasi
Di Penang moda transportasi adalah bus besar dengan RM 1-2 dan taksi atau ”Teksi” dengan biaya nego tanpa argo sekitar RM 10 untuk jarak dekat dan sekitar RM 30-40 untuk jarak jauh.
Penang sudah sangat maju bila dibandingkan dengan Indonesia. Dulunya mereka belajar ke Indonesia dalam pendidikan, pertanian,dll. Tapi kini saya rasa kita perlu banyak belajar dari mereka. Selama disana saya tidak melihat polisi maupun tentara, namun tidak ada yang melanggar lampu merah. Saya pun tidak melihat satupun juru parkir, namun parkiran teratur dan ada tiang kecil dengan kotak koin tempat memasukkan biaya parkir, seperti di seri Mr. Bean saja. Bila ada kesalahan parkir maka petugas akan menempelkan tanda denda di wiper mobil dan pemilik mobil akan disiplin mendatangi kantor polisi untuk membayar denda sebab jika pura-pura lupa akan berat sangsinya dan bisa masuk penjara. Pengisian bensin di pompa bensin pun dilakukan sendiri (Self service) tanpa ada penjaga, untuk membayar kita menuju cashier. Sikap antri berbaris secara teratur disemua tempat tidak ada main serobot. Kotanya bersih, masih hijau dan banyak pohon, tidak ada sampah dijalan, dan udaranya pun rendah polusi. Jarang sekali terlihat pengemis atau pemulung.
Lalu lintas ramai tapi banyak trotoar yang nyaman untuk pejalan kaki. Karena trotoar dirindangi dan tak berdebu, jalan kaki di Penang tak terasa menyiksa. Banyak jalan yang rimbun dengan pepohonan dan burung beterbangan dengan suara yang khas. Jalanan hanya macet pada jam kerja, itu pun hanya arah jembatan Butterworth yang menuju daratan Malaysia.
Jalanan kebanyakan dipenuhi mobil pribadi, terutama mobil produksi Malaysia, Proton. Jumlah motor tidak terlalu banyak, dan sebagian besar bermodel sama, yaitu sedikit tua dengan spakbor putih dan keranjang hitam di bagian depan. Untuk menyeberang jalan, ada tombol yang ditekan agar lampu merah menyala, lalu kendaraan akan berhenti sehingga kita bisa menyeberang dengan aman.
Kunjungan Pertama Kali ke Penang
Paspor mutlak diperlukan untuk berkunjung ke Penang tapi tidak perlu visa karena masih merupakan daerah Asia Tenggara. Bebas fiskal juga berlaku bagi pemegang NPWP atau berusia di bawah 21 tahun. Untuk kelancaran perjalanan ke Penang, sebaiknya perlu menghubungi pihak rumah sakit atau tempat tinggal di Penang agar dijemput di bandara. Maka sesampainya disana nama kita akan ditulis di kertas karton saat dijemput. Saya sekeluarga dijemput oleh pihak Adventist Hospital dengan gratis, dari bandara langsung menuju rumah sakit sehingga bisa langsung registrasi dan mendapat pelayanan.

Penginapan
Penang memiliki fasilitas hotel berbintang, resort, apartment dan penginapan murah. Untuk penginapan di Gurney Park, biaya yang kami keluarkan hanya RM 50 per malam dengan fasilitas kamar 2 tempat tidur single, AC, lemari pakaian, meja dan kaca rias serta ada dapur umum diluar, mesin cuci, kamar mandi luar dengan air panas dan ruang tamu umum. Fasilitas dapur bersama lengkap dengan meja makan, kompor gas, kulkas, rak piring, puluhan gelas/piring/sendok/garpu, beserta bumbu- bumbu masak yang lengkap. Semua penghuni bebas menggunakannya. Ada pula master room dengan kamar mandi dalam seharga RM 60 per malam. Harga ini terbilang sangat murah menimbang lokasi yang bersebelahan dengan Gurney Plaza, Jajanan Malam Gurney, dan pantai. Dengan budget murah meriah kita bisa belanja di pasar tradisional atau supermarket terdekat lalu masak sendiri. Untuk makan malam, banyak kedai/hawker pinggir jalan dengan harga RM 4 – 6. Satu ringgit sekitar Rp 3,000.

Telepon
Di Penang ada 3 penyedia komunikasi telepon yaitu Maxis, Digi dan Celcom. Saya rekomendasikan memakai Maxis/ Digi karena cukup murah biaya telpon dan sms nya. Untuk perdana, di rumah sakit ada yang menjual seharga RM 20 berisi pulsa RM 15.

Rumah Sakit
Rumah sakit yang banyak dikunjungi oleh pasien Indonesia adalah Island Hospital dan Penang Adventist Hospital. Kebanyakan spesialis berpendidikan luar negeri seperti Inggris, Canada, dan Australia. Kami mengunjungi Adventist yang terletak di Jalan Burmah, karena lebih dekat dengan apartment di Gurney Park, sekitar 5 menit jalan kaki. Adventist Hospital ini berseberangan dengan Berjaya Hotel yang bersebelahan dengan mal. Jika ingin check up dan menghemat waktu, sebaiknya sebelum berangkat ke Penang puasa malam hari sehingga pagi sesampainya rumah sakit bisa langsung check up. Jika kunjungan pertama kali tekan tombol biru yang tersedia untuk mendapat nomor antrian. Untuk pendaftaran pertama kali serahkan paspor lalu terangkan pemeriksaan apa yang ingin dilakukan misalnya mau check up dan bertemu dokter spesialis Pencernaan. Petugas akan memberikan nomor urut bertemu dokter, jam giliran masuk serta nomor ruangan dokter. Setelah bertemu dokter, tes akan dilakukan dan hasilnya langsung keluar sehingga bisa follow up dokter di hari yang sama. Untuk biaya spesialis rata-rata RM 60 dan bila dirawat tergantung fasilitas kamar yang diambil. Misal untuk Suite RM 400 + Nurse RM 60, VIP RM 190 + 40, 2 beds RM 120 + 40, 3 beds RM 90 + 30, 4 beds RM 80 + 30 dan bebas RM 60 + 30. Didalam rumah sakit tersedia air minum panas dan dingin yang siap minum dan ada di tiap sudut yang lengkap dengan gelas kertas.
Di rumah sakit tersedia cafetaria di sebelah gedung dan jenis makanannya vegetarian. Masakannya enak, berbagai macam sayuran dan daging palsu boleh dipilih dengan harga terjangkau, sekitar RM 5 per orang.
Semua hasil lab dan X-ray akan online ke komputer dokter dan bisa kita lihat bersama-sama di ruangan dokter. Jika pemeriksaan dan kunjungan dokter selesai dan setelah membayar, semua hasil pemeriksaan, X-ray dan obat akan diberikan ke pasien.
Umumnya para dokter bekerja hanya di satu rumah sakit dan tidak praktek ditempat lain. Saya menemui dokter yang sama pukul 9 pagi dan 8 malam. Dokter, perawat, pegawai, dan petugas lainnya ramah-ramah. Mereka terdiri dari 3 ras yaitu Chinese, India, Melayu dan bahasa yang digunakan adalah Malay, Inggris dan Mandarin/Hokkien.
Pasien dari Medan sangat banyak dijumpai di Penang. Hal ini karena jarak Polonia Medan sangat dekat dan hanya butuh waktu tempuh sekitar 35 menit ke Penang. Disamping itu harga tiket pesawat terjangkau dan bebas fiskal, sehingga mereka lebih memilih berobat di Penang daripada di Jakarta.
Overall, saya berharap Indonesia dapat mengejar ketinggalannya dari Malaysia, dari berbagai sisi khususnya pelayanan kesehatan, sehingga masyarakat kita tidak perlu hijrah untuk mencari pelayanan medis yang baik, murah dan cepat.

17 comments:

  1. tolong donk kasih tau contact person nya untuk nginap di apartment di Gurney park juga wisata apa saja yang bagus disana ( penang) sebab aku baru pertama kali mau kesana.thanks ya!

    ReplyDelete
  2. tlg minta no telp n contact person di apartmn gurney park ya thx

    ReplyDelete
  3. @loverz n Siessilia:
    Contact person:Yong Yong, ini orang indonesia juga, dia ada bbrp apartment di Gurney Park. nomor nya: +60164574758(Penang)

    Tuhan berkati. sukses yah :)

    ReplyDelete
  4. Hi Kezia, many thanks for this very informative info. keep writing sist, u have a nice blog! :-)

    ReplyDelete
  5. kalau wisatanya ada apa aja di sana dan kemana aja sarannya

    thx semoga cepat sembuh

    ReplyDelete
  6. @Alaika: Thank you :)
    @Hanny: Wisata ada banyak. Dulu saya disana sempat makan malam di Gurney Hawker Centre, letaknya di depan Gurney Plaza, dekat pantai. Makanannya enak dan relatif murah. Untuk jalan2, ada Queensbay mall yang besar dan elit. Ke terminal Komtar juga enak, ada Prangin mall murah, dan dari sana bisa ikut tur murah ke Hatyai (Thailand), Genting, KL, Ipoh, dan banyak lagi. Dulu saya sempat ke Hatyai 50 RM saja per orang :)

    ReplyDelete
  7. kezia,,,,thanks ya buat tulisannya.sangat memabntu :)
    Gbu

    ReplyDelete
  8. bagi anda penang mmang mnakjubkan tpi bgi saya semua tempat xg mngerikan. cz polis di mna2 seenaknya sja tarik sana trik sini, ta peduli punya dokumen resmi atau tidak, bahkan kadang2 orang sdah punya IC pun di embatxa pula,

    ReplyDelete
  9. Kl berobat kandungan rs apa ya? n cp tau gak?

    ReplyDelete
  10. bagaimana review apartemen yang di sewa di gurney park? apakah bersih dll? thanks

    Lita

    ReplyDelete
    Replies
    1. dear Lita, bersih dan bagus apartemennya. Lokasi strategis, harga murah, owner nya juga ramah. Kalau kita sewa 1 kamar, biasanya 1 kamar lain di apartmen itu disewakan ke orang lain, jadi sekalian bisa dapet kenalan baru. Fasilitas oke, bisa masak di apartmennya dg bumbu dasar dan alat2 masak disediakan. Overall great experience :)

      Delete
  11. Hi,kezia. Saya mau tanya utk daftar tur murah ke Hatyai ( Thailand ) kita hrs kemana? Dimana letak agen perjalanan atau travel yg kamu maksud di KOMTAR atau apa di Pfangin Mall letak travelnya?? Dulu pas kamu ambil tur ke Hatyai itu byr 50RM utk biaya transport saja sekali jalan atau PP ?? Krn saya rencana klo ada wkt stlh berobat selese ingin ke hatyai tp tetap saya kembali ke Jkt dr Penang. Mohon infonya...thx bgt yah :)

    ReplyDelete
  12. Hei, Penang menkajubkan,

    Lain kali wisata berobat ke Lombok saja. Si Mataram Lombok ada penemu metode pemulihan luka kronis, borok, dan pembusukan tulang pada pengidap diabetes lo.
    Mau lihat ? Kunjungi www.sehatorganiksumbawa.com

    ReplyDelete
  13. Hi kaiza,

    Thanks yaa atas sharing info ttg RS d Penang. 2 minggu lalau sy browsing blog kaiza, lalu sy langsung hubungi Cik Yong Yong u tanya informasi ttg apartemennya. Sy skg sdh di apartemen dan sudah sewa u 2 bulan slama sy treatment di Penang.
    Btw ibu Yong Yong mau minta no tlp Kaiza. Dia udh lama cari2 ttg kaiza tp ga ktemu. Kaiza bs email ke sy aja no tlp mu.

    GBU

    ReplyDelete
  14. Hi Kezia,

    Thanks a lot info nya, sangat membantu :)

    GBU

    ReplyDelete
  15. Terimakasih untuk infonya...
    Kalau penyakit diabetes baiknya periksa ke rumah sakit mana ya?

    ReplyDelete